Langsung ke konten utama

jakarta

      Jakarta,mungkin sudah juta-an esai,puisi,lagu yang membahas tentang jakarta.tentang ibukota yang tidak ramah,tentang si kaya dan si miskin,tentang kemegahan gedung tinggi,maupun tentang senja di kota tak pernah tidur ini.Tapi.memang jakarta punya keindahan-keindahan yang tersirat dalam sibuk dan padatnya kota ini.

    Aku hanyalah molekul atom dalam eritrosit yang termasuk komposisi darah dalam sebuah struktur istimewa dan sangat besar yang berkerja sesuai fungsinya tanpa harus menyinggung dan kenal satu sama lain.Jika mengikuti semua arus liar jakarta bersiaplah terhempas dan terdampar di pantai-pantai kumuh.Jakarta bisa seramah selmut tetangga dan sejutek mamah mertua.Tapi,di balik semua ungkapan itu,Ada pancaran aura yang dahsyat hingga mampu memikat hampir semua warga indonesia untuk sekedar berkunjung hingga menetap membuat jakarta menjadi pusara globalisasi indonesia.Kemungkinan karena jakarta adalah tempat harapan tergantung,tempat asa di tempa,tempat rindu berkecamuk,tempat yang bisa melambungkanmu hingga ke langit oleh buaiannya.

   Tapi,sebagai seseorang yang lahir dan besar di sini.saya sedikit miris akan pertumbuhan penduduk jakarta yang semakin tahun semakin padat.yang memaksa tempat bermain,tempat bersantai saya tergantikan oleh hutan hutan beton yang membuat kota ini semakin sempit dan menghilangkan kearifan-kearifan dahulu.Karena setiap orang yang datang membawa kebudayaannya sendiri.bahkan hanya untuk mati saja di jakarta menjadi sulit karena sudah banyak tempat pemakaman umum yang penuh dan lahan lahan yang seharusnya menjadi tempat pemakaman umum beralih fungsi menjadi rumah dan rumah dan gedung.Tapi,di balik keresahan-keresahan kecil saya.masih banyak hal yang bisa di syukuri di tempat ini.meski tempat dan waktu tidak indah lagi tapi selalu ada keindahan yang terselip.seperti,melihat para pekerja berlomba-lomba mengejar waktu agar tidak telat dan tidak terjebak macet.Cobalah,bangun pagi-pagi sekali sekitar jam 4 kurang atau saya biasanya tidak tidur.itu sebagian keresahan warga jakarta menjadi susah tidur di malam hari.(nanti saya ceritakan di lain waktu penyakit-penyakit resah di jakarta).Dari jam 4 itu datanglah ke terminal,halte,stasiun terdekat.Duduk bersantai dan amati sekitar.YA! dunia sudah di mulai di sana.di temani awan gelap dan orang lalu-lalang tiada henti bagaikan lukisan semesta yang menunjukan wajah asli jakarta.atau jika tidak,cobalah berkeliling jakarta di atas jam 12 malam di sana anda akan menemukan wajah lain jakarta.di mana kaum terpinggirkan jakarta baru keluar dari persembunyiannya untuk mengais-ngais sisa-sisa rejeki yang ada.yang terkadang hanya cukup untuk makan hari ini.Setelah dari jakarta barat coba arahkan kemudi ke arah selatan atau pusat.Anda akan menemukan ketimpangan yang tinggi.di selatan banyak yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk berpesta demi memuaskan akan nafsunya semalam.

jakarta dengan segala alasannya masih tetap indah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tubuhmu otoritasmu

Nata,aku ingin bercerita sedikit soal arti kata seksi atau cantik dalam sudut pandangku sebagai cowok yang agak macho yang dengerin lagu metal dan punk terasa terhampar pas dengerin lagunya Tika and the dissident yang judulnya tubuhku otoritasku yang di play via u-tube secara acak,gue di situ kek kesamber geledek yang di turunin dewa Zeus dari lagunya Tika yang meneriakan hak hak wanita yang digerus sama trend fashion yang jadi budak kecantikan kapitalis hihi :) berat yeeee kata kata gue tau deh nih hasil pemikiran gue tentang keadaan wanita masa kini Nata,kamu tahu esensi kata cantik yang sebenarnya? Apa artinya hanya dipuji lawan jenis? Atau agar banyak di puja lawan jenis? Percayalah nata jika itu palsu,lelaki itu buaya,iya aku juga buaya.pertama,lelaki memuji hanya untuk membuatmu terlena dan termakan di perangkapnya.kedua,jika banyak lelaki yang mengejarmu itu berarti kamu punya dada besar yang diumbar dan wajahmu binal,enak untuk di tiduri pikirnya sama aku juga seperti itu, mak

Si metal yang introvert

Halloo,whats up? Piye kabare?apik toh? Aammiinn hehehe, Di sini gue mau cerita soal pribadi gue yang bisa di bilang aneh,iyee soalnya gue suka ngemil batu bara,pake nasi coy biar kenyang,apasi? Back to the topic beray. Sebagai ABG-ABG labil yang pada umumnya,pasti suka musik dan pasti menyukai berbagai macam genre,entah itu dangdut,jazz,pop,dangdut jazz atau dangdut koplo yang ngepop,atau engga metal \m/ all hail 666,all hail satan!! Hahaha,lebay.nah,gue sendiri memilih jalan yang islami  banget,yaa aliran metal yang gue pilih,gak tau kenapa gue suka banget sama nih musik,mungkin karena ngedengerinnya penuh penghayatan kali ya,karena kita ngedengerin lagu teriakan-teriakan yang kata temen gue bilang "lagu apa si nih! Lagu udeh kaya teriakan orang di siksa neraka uwwwwweeeekk,uweeeekkk gitu lagunya," hahahaha ada benernya juga gue ngomong musik yang islami karena tiap denger tuh lagu gue keinget mati braayyy hahaha, pastilah setiap ABG yang suka musik pasti pernah punya band

Kanan,kiri,lurus,atau istirahat di tempat

Selamat siang,selamat berkerja dan menjadi kerenlah sesuai passionmu,yang engga punya passion sudah fixlah ellu engga ada keren kerennya sama sekali, hehehe gue serius.... Oiyaaa kali ini gue mau cerita kegalauan gue yang menjadi dilema,merana seperti di sayat pedang tajam,dan di iris iris seperti mengiris semangka,mungkin sudah di bilang kegalauan tingkat syaiful jamil,,,,skip! Skip! LEBAY!!! Gue gak tau mulai dari mana soalnya pemikiran pemikiran aneh gue aje,yang tanpa dasar dan anggap aja fiktif belaka,dan jangan di seriusin karena yang serius cuman ijab qobul,hehehehe Sebenernya apasi bedanya pemikiran pemikiran kanan,kiri,lurus dan muter balik karena di depan ada polisi,hehehe dan kenapa pemikiran kiri selalu di bungkam? Mungkin karena indonesia negeri yang kelama an di jajah? Jadi doktrin belanda sampe sekarang masih nyisa? Atau karena statement statement para pemikir kiri yang menomor sekiankan agama? Kaya karl marx yang menganggap "agama adalah candu" atau anak an